Home » » TUJUAN UTAMA PEMBUATAN ROBOT

TUJUAN UTAMA PEMBUATAN ROBOT

Written By Unknown on Sabtu, 12 November 2016 | 07.48

TUJUAN UTAMA PEMBUATAN ROBOT

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ternyata telah membawa dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia, salah satunya adalah dengan adanya teknologi robot. Secara umum kegunaan robot adalah untuk membantu tugas manusia agar menjadi lenih mudah. Ada banyak sekali persepsi negatif tentang kehadiran robot, tetapi pada kenyataannya robot  memiliki kemampuan canggih dalam konsentrasi dan ketelitian. Tidak hanya itu, robot juga sangat membantu manusia dalam kegiatan-kegiatan  dengan resiko yang sangat besar dan bahkan mengancam keselamatan manusia.
Adapun tujuan utama dibuatnya suatu robot adalah:
  • Robot dibuat untuk meningkatkan produksi dalam industri
  • Robot dibuat manusia untuk dapat bekerja hingga 24 jam Berbeda dengan kemampuan manusia yang terbatas, robot bisa lebih bekerja secara maksimal tanpa mengenal lelah
  • Robot juga di tujukan untuk membantu pekerjaan manusia yang butuh konsentrasi, butuh tenaga tanpa henti dan sebagainya.Otak manusia memang lebih canggih daripada robot, tapi siapa sangka kalau ketelitian yang tinggi dapat terganggu ketika seseorang sedang memikirkan banyak hal, sehingga robot menjadi pilihan yang terbaik untuk pekerjaan dengan ketelitian yang tinggi.
  • Robot dibuat untuk menjadi alat bantu manusia dalam melakukan eksperimen-eksperimen ilmiah di luar angkasa.
Tujuan-tujuan pembuatan robot tersebut sepertinya sudah tercapai. Buktinya dalam kehidupan nyata sudah ada banyak sekali penerapan-penerapan robot yang dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia. Beberapa diantara kegunaan dari robot di antaranya adalah:
  • Dalam dunia kedokteran
    Di dalam dunia kedokteran, robot sering sekali digunakan untuk membantu dokter menangani pasien. Salah satunya ada yang disebut sebagai robot perawat. Robot ini mampu merawat para pasien yang menderita cacat dan orang tua. Selain itu, robot juga mampu membantu dokter dalam kegiatan bedah seperti bedah jantung, kanker, dan operasi mata. Tetapi tetap dengan kendali dan pengawasan langsung dari dokter.
  • Dalam penelitian antariksa
    Robot ternyata juga mampu ikut berperan dalam penelitian ruang angkasa loh. Contohnya pada tahun 2007 lalu, robot yang diberi nama “robot phoenix lander” telah dikirim keluar angkasa oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) untuk melakukan penelitian tentang adanya kehidupan di planet Mars.
  • Dalam bidang pertanian dan industri
    Ada lagi contoh lain kegunaan robot yang sangat membantu kegiatan manusia terutama di bidang pertanian dan industri. Beberapa kegunaannya adalah untuk membantu penyemprotan bahan anti hama, mengolah kayu, memanen buah, mengecat dan membersihkan gedung tinggi atau bahkan merakit baja dengan struktur super.
  • Dalam pekerjaan yang berbahaya
    Robot sungguh membantu setiap manusia termasuk kegiatan yang sangat berbahaya. Contohnya adalah untuk menjinakkan bom. Bom merupakan benda berbahaya yang mampu menghancurkan seluruh benda disekitarnya. Tetapi dengan robot, kini tim gegamna tidak perlu khawatir lagi dalam menjinakkan bom karena robot memiliki ketelitian yang sangat tinggi jika dibandingkan dengan kemampuan manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Topics :
Batam IQ Robotic School. Diberdayakan oleh Blogger.