Home » » SEJARAH ELEKTRONIKA

SEJARAH ELEKTRONIKA

Written By Unknown on Rabu, 12 Oktober 2016 | 11.05



Sejarah Perkembangan Elektronika Sampai Sekarang


Berbicara tentang elektronika memang tak akan pernah ada habisnya, karena memang cakupannya sangat luas. Pada kesempatan yang baik ini, belajarelektronika.net akan berbagi sedikit informasi mengenai sejarah elektronika dari dulu sampai sekarang.
Awal mulanya elektronika lahir atas tuntutan dan kebutuhan manusia akan teknologi baru seperti pesawat telepon dan sejenisnya.


Beberapa literatur mengatakan bahwa perkembangan elektronika diawali dari pengamatan sebuah sinar katoda yang dilakukan oleh fisikawan, matematikawan, dan insinyur terkemuka di dunia.

Sejarah Perkembangan Elektronika

Sejarah mencatat, ada banyak sekali ilmuan yang bergerah di bidang elektronika yang berhasil mengembangkan ilmu elektronika hingga tumbuh sampai sekarang. Berikut adalah beberapa ilumuan dunia yang telah banyak berjasa dalam dunia elektronika dan sekitarnya.
  • Hittrof dan Crookes penemu Sinar Katoda pada tahun 1869
  • Maxwell penemu teori matematika pemancaran gelombang elektromagnet
  • Edison penemu Aliran elektron dalam ruang hampa pada tahun 1883
  • Hertz penemu gelombang radio pada tahun 1888
  • J. J. Thomson penemu pengukuran e / m pada tahun 1897
  • Marconi penemu gelombang radio yang berhasil memancarkannya menyeberangi lautan Pasifik pada tahun 1901
  • Einstein penemu teori tentang pengaruh foto elektrik
  • Fleming penemu tabung elektron pertama pada tahun 1904
  • Deforest penemu trioda pada tahun 1906
  • Armstrong pengembang regeneratif peka dan penemuan isolator pada tahun
  • Zworkin penemu tabung gambar pada tahun 1924 dan Foto Multiplier pada tahun 1929
  • Watson Watts penemu gelombang radio
  • Socley, Bardeen, Brattain penemu Transistor pada tahun 1947
  • Townes penemu maser pada tahun 1953
  • Maiman penemu laser pada tahun 1960
  • Eckert dan Mauchly perintis revolusi computer pada tahun 1946
  • Hoff penemu mikroprosesor dalam satu kepi pada tahun 1969
Selain beberapa ilmuan tadi, sebenarnya masih banyak nama-nama ilmuan lain yang berjasa dalam perkembangan elektronika dari masa ke masa. Berikut ini adalah sejarah perkembangan elektronika dari masa ke masa yang diawali pada abad ke 19 sampai saat ini, yakni abad ke-21.

Sejarah Perkembangan Elektronika Abad 19

Sejarah perkembangan elektronika abad 19 diawali pada tahun 1883, dimana seorang ilmuan bernama Thomas Alva Edison berhasil menemukan sebuah teori dimana sebuah elektron dapat berpindah dari sebuah konduktor ke konduktor yang lain melewati ruang hampa. Penemuan ini dikenal dengan nama efek Edison.
Setelah itu pada tahun 1904, seorang ilmuan bernama John Fleming berhasil menerapkan efek Edison dan menemukan dua buah elemen tabung elektron yang dikenal sebagai dioda. Selanjutnya pada tahun 1906 Lee De Forest mengikutinya menggunakan tabung tiga elemen, yang disebut trioda.

Sejarah Perkembangan Elektronika Abad 20

Perkembangan elektronika pada abad 20 dimulai dari aplikasi tabung elektron pertama di dunia yang diterapkan dalam bidang komunikasi radio. Pada tahun 1896, Ilmuan bernama Guglielmo Marconi merintis pengembangan wireless telegraph atas telegraf tanpa kabel, dan dikembangkan menjadi komunikasi radio jarak jauh di tahun 1901.
Selanjutnya pada tahun 1918, seorang ilmuan ternama Edwin Armstrong menemukan penerima super-heterodyne yang mampu memilih dan memilah sinyal radio atau stasion sehingga dapat menerima sinyal jarak jauh. Selain itu Edwin Armstrong juga menemukan modulasi frekuensi FM pita lebar di tahun 1935.

Sejarah Perkembangan Elektronika Abad 21

Perkembangan elektronika abad 21 telah mengantarkan elektronika beralih dari yang awalnya mikro menuju ke nano. Itu artinya bahwa semakin hari komponen elektronika dibuat dalam ukuran yang jauh lebih kecil dibanding sebelumnya, pada saat generasi mikroelektronika.
Dr. Rohrer yang merupakan ilmuan penemu tunneling elektron microscope sekaligus pemenang hadiah Nobel bidang fisika tahun 1986, juga memprediksi bahwa mikroelektronika akan digantikan oleh nanoelektronika. Sementara prof. Petel yang merupakan president UCLA memprediksi bahwa pada abad 21 ini, teknologi photonik akan menggantikan mikroelektronika.
Selain itu elektronika juga semakin berkembang dan merambah ke bidang-bidang elektronika digital seperti komputer sampai dengan robotik. Pada awal tahun 2001, Lary Page dan Sergey Brin juga telah mengembangkan sebuah mesin pencari yang kita kenal dengan Google, dan saat ini sukses menguasi pasar digital.
Hal tersebut juga merupakan salah satu imbas dari perkembangan elektronika di dunia. Saat ini Jepang dan Amerika menjadi dua negara yang menguasi sektor elektronika robotik. Selain beberapa hal tersebut, saat ini sudah muncul teknologi-teknologi baru yang awal cikal bakalnya juga dari sejarah elektronika di abad 19.
Demikian sedikit informasi mengenai sejarah perkembangan elektronika dari dulu sampai saat ini. Semoga informasi tadi dapat memberikan manfaat sekaligus inspirasi bagi para pembaca setia belajarelektronika.net. Sampai jumpa dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya mengenai toko elektronika Surabaya.


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Topics :
Batam IQ Robotic School. Diberdayakan oleh Blogger.