Home » » PENGERTIAN APLIKASI

PENGERTIAN APLIKASI

Written By Unknown on Rabu, 26 Oktober 2016 | 03.21

PENGERTIAN APLIKASI
                     
 Aplikasi atau dalam bahasa Inggris disebut Application, adalah program perangkat lunak yang berjalan pada komputer Anda. Web browser, program e-mail, pengolah kata, game, dan utilitas itu semua disebut aplikasi. Kata “aplikasi” digunakan karena setiap program memiliki aplikasi khusus untuk pengguna. Sebagai contoh, sebuah pengolah kata dapat membantu siswa membuat makalah penelitian tanpa menggunakan kertas secara fisik.




Hasil gambar untuk APLIKASI


Sebaliknya, perangkat lunak sistem (system software) adalah terdiri dari program-program yang berjalan di latar belakang (background), yang memungkinkan aplikasi untuk berjalan. Program-program ini termasuk “assemblers”, “compilers”, “file management tools”, dan sistem operasi itu sendiri. Aplikasi dikatakan berjalan di atas perangkat lunak sistem, karena perangkat lunak sistem terdiri dari file berukuran kecil. Sebuah aplikasi komputer akan secara otomatis terinstal dan terhubung dengan sistem operasi, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin anda instal dan dijalankan pada komputer Anda.

Program Macintosh biasanya disebut application, sementara program Windows sering disebut sebagai file executable. Inilah sebabnya mengapa program Mac menggunakan ekstensi file .app, sementara program Windows menggunakan ekstensi .EXE. Meskipun mereka memiliki ekstensi file yang berbeda, Macintosh dan Windows program bertujuan sama dan keduanya disebut aplikasi.

Apa bedanya Aplikasi dan App
Sudah dijelaskan pengertian dari App pada halaman sebelumnya, secara bahasa antara app dan aplikasi itu sama saja karena app adalah singkatan dari Application. Namun penggunaan App biasanya digunakan untuk program perangkat lunak untuk perangkat mobile seperti Smartphone atau Tablet. Aplikasi untuk perangkat Mobile diantaranya ada aplikasi untuk iOS, Android, Blackberry dan Windows Phone

Aplikasi dapat digolongkan menjadi beberapa kelas, antara lain:

1. Perangkat lunak perusahaan (enterprise)
2. Perangkat lunak infrastruktur perusahaan
3. Perangkat lunak informasi kerja
4. Perangkat lunak media dan hiburan
5. Perangkat lunak pendidikan
6. Perangkat lunak pengembangan media
7. Perangkat lunak rekayasa produk

Pada pengertian umumnya, aplikasi adalah alat terapan yang difungsikan secara khusus dan terpadu sesuai kemampuan yang dimilikinya aplikasi merupakan suatu perangkat komputer yang siap pakai bagi user.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Aplikasi
http://wikitekno.net/2016/01/aplikasi.html


0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Pengikut

Topics :
Batam IQ Robotic School. Diberdayakan oleh Blogger.